//
you're reading...
Lainnya, Xhare dalam Bahasa

Menyatukan pecahan file .rar


Baru-baru ini saya mendownload sebuah installer aplikasi yang terbagi dalam beberapa file yang terkompresi dengan ekstensi .rar, yaitu aplication.part01.rar, aplication.part02.rar dan aplication.part03.rar. Saya tahu bahwa file-file ini harus digabung kembali menjadi sebuah file installer. Tapi biasanya file-file pecahan .rar ini menyertakan file tambahan berekstensi .exe yang dapat menggabungkan mereka secara otomatis.

Multiple .rar files

Saya pun sudah berusaha mencari tahu dari Uconk dan Google cara menggabungkan ketiga file tersebut. Tapi tidak menemukan jawaban yang memuaskan.

Saya pun mencoba mengekstraknya dengan program WinRar. Saya mulai dengan aplication01.rar. Saya berharap file-file ini akan tergabung dengan sendirinya menjadi sebuah file atau folder.

Bukannya tergabung menjadi satu file, ternyata WinRar malah mengekstrak ketiga file .rar tersebut menjadi sebuah folder yang berisi tiga file .exe.

.exe files

Saya pun berfikir bahwa bila saya mengklik ganda salah satu file .exe ini, maka 2 file .exe lainnya akan tergabung. Maka, sayapun mengklik ganda file Aplication_1_English_Disk01.exe. Muncul window aplikasi yang meminta lokasi ekstraksi file dalam harddisk.Pengekstraksian kemudian saya arah (Destination Folder:) ke folder asal.

Confirmation window

Ternyata file tadi terekstrak menjadi folder yang berisi dua file yaitu aplication_full.exe.000 dan aplication_full.exe.bat. Sedangkan file Aplication_1_English_Disk02.exe dan Aplication_1_English_Disk03.exe belum terekstrak.

Aplication_1_English_Disk01.exe extracted

Sayapun kemudian mengekstrak lagi dua file .exe yang tersisa yaitu Aplication_1_English_Disk02.exe dan Aplication_1_English_Disk03.exe menjadi dua folder yang masing masing berisi file aplication_full.exe.001 dan aplication_full.exe.002.

All .exe extracted

Ketiga file .exe ini ternyata tidak dengan sendirinya tergabung. Lalu saya coba untuk mencari lagi informasi di google.com tentang cara menggabungkan pecahan file .rar dengan kata kunci: [join+multiple+rar]. Semua informasi yang saya dapatkan tidak memberikan solusi. Saya jadi curiga dengan manfaat file aplication_full.exe.bat yang terekstraksi dalam folder pertama. Saya lalu coba gabungkan ketiga file dengan yang berakhiran .000, .001, 002 serta file .bat. ke dalam satu folder.

Placing all extracted files in a folder

Kemudian file Aplication_full.exe.bat saya klik ganda. Muncul MS Command window.

Re-Assembling pieces

Alhamdulillah…, setelah menunggu beberapa saat, semua file itu akhirnya tergabung menjadi satu file installer.

It works!

Discussion

3 thoughts on “Menyatukan pecahan file .rar

  1. kok bs,aq buat na……..
    tolong dlu kk,bri tahu secara detail na……..
    please………

    Posted by joni | April 17, 2010, 11:41 am

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pingback: Joining multiple splitted .rar files « Xhare - April 2, 2008

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

