//
you're reading...
Kerja Online, Lainnya, Xhare dalam Bahasa

Kerja Online


Dulu saya berfikir bahwa kerja online dari rumah itu sulit. Mendengar tentang kerja online bagaikan mendengar cerita hantu. Artinya, saya belum pernah menyaksikan orang yang benar-benar sedang melihat hantu. Apalagi cerita hantu yang sering saya dengar datang dari orang kedua, ketiga, bahkan keempat puluh enam dari orang yang mengaku melihat hantu.

Beberapa tahun lalu, saya pernah berkali-kali mencoba mencari informasi dari Mbah Google tentang kerja online. Tapi informasi yang saya dapatkan malah ajakan sejenis Multi Level Marketing (MLM) yang menyuruh kita jadi spammer. Walaupun ada situs-situs yang menyediakan pekerjaan online, kebanyakan dari mereka meminta dana untuk pendaftaran menjadi anggota.

Benar-benar bagaikan cerita hantu.

Namun awal 2008 ini, kerja online bukan lagi kisah khayalan. Sampai tulisan ini saya buat, saya sudah mendapatkan uang sebesar USD400 dari seorang klien untuk pekerjaan yang memakan waktu efektif sekitar 40 jam. Dan sebagian uang itu sudah masuk ke rekening BCA saya! Sebagian lagi tetap saya simpan di PayPal untuk keperluan belanja online.

Ini buktinya

Bukan MLM dan tidak ada uang pendaftaran. Tapi bukan berarti kerja online ini tanpa modal.

Untuk leluasa bekerja secara online diperlukan modal berupa:

  1. Akses internet. Namanya juga kerja online. Masak pakai mesin faks?
    Akses internet dial-up sih bisa. Tapi bila didukung akses broadband unlimited akan lebih baik. Karena klien biasanya meminta kita untuk dapat berkomunikasi langsung lewat chatting di Yahoo! Messenger atau GoogleTalk. Saya sendiri menggunakan akses broadband dari FastNet karena lumayan murah untuk sebuah akses unlimited. Cukup dengan Rp217.800,-/bulan termasuk PPN sudah dapat akses internet 384Kbps (klaim mereka) dan layanan TV kabel standard (artinya tanpa AXN-Asia, HBO, dan TV-TV luar keren lainnya). Tapi diharuskan membeli cable modem dari mereka seharga (kalo nggak salah) Rp.400ribuan.
  2. Komputer. Ya iya laaahh! Kerjaan online yang tersedia hanya kerjaan yang menggunakan komputer. Kerjaan teknis lain seperti bikin bubur ayam atau mencangkul sawah sih nggak perlu komputer. Tapi kalo belum bisa beli komputer bisa nyewa dulu di warnet yang bersedia diinstall program yang kita perlukan.
  3. Kemampuan Bahasa Inggris. Kebanyakan pekerjaan yang tersedia datang dari klien di luar negeri. Kayaknya jarang banget deh orang Amerika atau New Zealand misalnya, yang bisa bahasa Indonesia. Apalagi bahasa Indonesia strukturnya sulit untuk dibakukan. Di halaman ini aja banyak language error bahasa Indonesia yang saya gunakan. Kok jadi ngomongin bahasa sih?
    Intinya, bisa bahasa Inggris adalah keharusan. Tingkat conversation sudah cukup. Kemudian dampingi diri anda dengan kamus di saat chatting dengan klien. Karena banyak istilah-istilah yang jarang kita dengar. Kamus berupa software akan lebih baik karena mempercepat kita dalam mencari suatu istilah asing.
  4. Rekening PayPal. Rekening ini diperlukan untuk menarik dana dari klien dan mentransfernya ke rekening bank lokal. Tapi untuk menarik dana, PayPal mengharuskan verifikasi keberadaan kita, khususnya orang Indonesia. Karena citra Indonesia dalam transaksi internasional menjadi buruk akibat ulah para carder.
    Yah, begitulah. Nanti akan saya ceritakan lagi dalam tulisan lain tentang pengalaman saya dalam membuat rekening PayPal. Tapi anda bisa lihat di http://www.paypalindonesia.com mengenai cara pembuatan dan penarikan dana dari PayPal. Yang jelas diperlukan sebuah kartu kredit Visa atau Mastercard untuk verifikasi, dan sebuah rekening bank lokal untuk menarik dana. Ada juga yang mengaku bisa verifikasi dengan kartu debit Visa Electron keluaran Bank Niaga. Tapi semoga yang ini bukan cerita hantu.
  5. KEMAMPUAN dan KEMAUAN KERJA yang spesifik. Inilah modal utama yang diperlukan. Banyak tersedia pekerjaan yang dapat dilakukan dengan komputer di rumah (atau buat side job di kantor). Saya sendiri bekerja online sebagai digital artist dengan sub kategori Disain Grafis, Video Editing, 3D Modeling, dan Web Design. Pekerjaan-pekerjaan seperti ini biasanya beranggaran $ 50 – 750. Kalau pekerjaan seperti Content Management System (CMS) seperti pembangunan website dengan Joomla! atau Drupal ada yang beranggaran hingga $2,000! Andai saya jago CMS.
    Ada juga pekerjaan Data Processing seperti meng-upload file-file ke beberapa situs atau mendownload banyak video dari YouTube yang beranggaran rata-rata $200. Yah, semua terserah anda.

Lalu mulainya dari mana?

Nyalakan komputer. Udah nyala yah? Oke, tahap ini saya lewatkan.

Ada beberapa portal yang disediakan untuk freelancer. Di situs ini para klien melemparkan banyak proyek dengan kisaran anggaran tertentu. Misalnya sebuah proyek disain brosur dengan anggaran USD 50 – 250. Kemudian para anggotanya memberikan penawaran harga serta melampirkan portfolio. Disini kita akan diadu harga dan kualitas. Yah, semacam pitching atau tender lah! Salah satu portal dimana saya menjadi anggota untuk freelance adalah GAF.

Portal GAF ini menyediakan keanggotaan gratis dan berbayar (Gold membership). Dengan keanggotaan gratis, setiap dana hasil kerja yang akan kita tarik akan dipotong $1. Misalnya, saya dapat $200. Dana yang bisa saya tarik ke rekening PayPal hanya $199. Nggak sampai ceban kok potongannya. Kita juga dapat menggunakan dana itu untuk membayar freelancer GAF lain yang, misalnya, kita sewa. Kalau untuk hal ini, artinya dana itu hanya berputar di GAF, kita tidak akan dipotong $1.

Ketika saya tarik

Sedangkan untuk Gold membership dalam GAF, kita diharusnya membayar iuran sebesar $12 per bulan. Keistimewaan Gold Membership adalah tidak ada potongan apapun, mendapatkan prioritas, klien juga tidak dikenakan potongan komisi, dan klien akan mendapatkan harga khusus bila sering menyewa kita.

Klik disini untuk memulai kerja online

Diskusi

5 thoughts on “Kerja Online

  1. Saya tertarik dengan pekerjaan on line ini, tapi saya mungkin hanya bisa mengetik biasa di word atau excel, soalnya klo untuk program lain, kemampuan saya pas-pasan. Ada tidak pekerjaan on line yang bisa saya akses? terima kasih atas informasinya

    Posted by yaumil | Mei 13, 2008, 3:54 am
  2. Aku pengen dong ikutan jadi freelancer. banyak nggak sih modalnya ??? Mudah nggak kita bisa dapetin pekerjaannya?? Aku pengen kerja yang bebas kayak gini. Kontak ke email ku yaa🙂 makasih…

    Posted by Aditera | Mei 15, 2008, 4:19 pm
  3. To: Yaumil
    Sebenarnya ada pekerjaan freelance seperti itu yang tersedia, tapi jarang. Pekerjaan yang menggunakan MS Word atau Excel masuk ke kategori Data Processing, Excel, & Data Entry. Kemampuan yang dibutuhkan adalah tingkat advance. Misalnya membuat laporan audit dengan Excel yang multi kalkulasi antar sheet dan book. Saya belum pernah melihat ada yang melemparkan ke forum sebuah pekerjaan office yang sederhana seperti jasa pengetikan dari tulisan tangan atau fotokopian.

    Banyak pekerjaan yang ‘lebih mudah’ tersedia yang masuk dalam kategori data processing. Misalnya pekerjaan mengupload sebanyak mungkin video atau gambar yang mereka buat ke banyak situs seperti multiply atau youtube. Pekerjaan seperti ini menuntut kita mencapai suatu target, misalnya 50 video harus terupload per hari. Artinya kita jadi spammer agar video atau gambar mereka menjadi tinggi ratingnya di Google. Dan biasanya video atau gambar yang diupload berupa pornografi.

    Sempat juga saya tertarik dengan pekerjaan seperti ini yang kelihatannya gampang. Tapi mendingan nggak usahlah. Daripada dosa. Lagipula pekerjaan uploading ini akan memakan bandwidth besar.

    To: Aditera
    Modalnya ya itu, akses internet, komputer, kemampuan berbahasa Inggris, rekening PayPal, dan kemampuan kerja spesifik (misalnya disain grafis). Kalau modal berupa dana sih nggak ada. Karena mereka langsung memotong komisi begitu kita menerima bayaran.

    Kalo dapetin pekerjaannya sih susah susah gampang. Kita harus bersaing dengan freelancer lain dalam harga dan kualitas. Nah, ini tergantung kliennya, apakah mereka mengutamakan kualitas atau harga?

    Di portal GAF yang saya sebutkan dalam tulisan, saya sering memberikan penawaran dalam sebuah proyek sesuai dengan standard saya. Misalnya ada yang melemparkan proyek disain brosur dengan anggaran $50-$300. Maka saya memberikan penawaran dengan biaya $250. Tapi banyak freelancer lain – terutama dari India – yang menawarkan harga $50-$100. Kita bisa lihat dari segi harga saya kalah.

    Sampai saat ini saya hanya berhasil mendapatkan seorang klien dari Canada yang menyukai portfolio saya. Dan dia bersedia membayar sesuai dengan standard saya. Orang seperti ini lebih mengutamakan hasil kerja dibanding harga.

    To: All
    Tetapi jangan bayangkan bahwa kerja online seperti ini lebih enteng dibanding kerja di dunia nyata. Kerja online tetap memerlukan keahlian khusus yang benar-benar diperlukan oleh dunia bisnis. Misalnya misalnya keahlian di bidang programming, video editing, atau data processing.

    Untuk dapat berkarir di dunia nyata, kita harus memiliki pengalaman dan skill agar dapat bersaing dengan pencari kerja lainnya. Demikian juga dengan kerja online. Apalagi kerja online bisa dibilang kerja sama orang bule yang menuntut profesionalitas dan akredibilitas.

    Bedanya, kalo kerja online kita tidak perlu keluar rumah menghabiskan waktu stress minimal 4 jam untuk mengarungi macetnya jalanan (di Jakarta) yang bagaikan neraka. Dengan kerja online kita akan lebih produktif 4 jam dibandingkan orang kerja kantoran.

    Kekurangan kerja online, kita tidak akan mendapatkan uang lembur, tunjangan kesehatan, THR, dan tunjangan asik lainnya. Dan menurut pengalaman saya, kerja online menuntut kita jadi Batman. Karena klien kebanyakan datang dari belahan Eropa dan Amerika yang jam kerjanya berbanding terbalik dengan Indonesia. Mereka siang, kita malam.

    Selamat mencoba…

    Posted by ajoull | Mei 16, 2008, 7:33 am

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: Peluang Bagus Bagi Pekerja Kreatif « Xhare - Mei 3, 2009

  2. Ping-balik: Peluang Bagi Pekerja Kreatif « Ronald - Januari 5, 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: