//
you're reading...
Internet, Lainnya, Xhare dalam Bahasa

Virus Teriak Virus


Koruptor teriak koruptor sama buruknya dengan virus spyware “IE Antivirus”. Hampir saja saya kena virus ini. Ini terjadi ketika saya mengeksekusi sebuah file terkompresi yang berkestensi .exe yang saya donlod dari internet.

File ini semestinya mengekstrak diri menjadi sebuah folder yang didalamnya terdapat sebuah file installer dan beberapa file lainnya. Proses ekstraksi seharusnya langsung berjalan ketika kita mengeksekusinya dengan mengklikganda. Namun ketika saya melakukan ini, di layar komputer tidak muncul apapun. Baru 2 menit kemudian proses ekstraksi berjalan. Rupanya dalam 2 menit itu sang virus menjangkiti file-file system. Kemudian muncul sebuah window peringatan yang menyatakan bahwa di komputer saya terinfeksi virus.

Jangan percaya

Window peringatan ini merekomendasikan untuk mendonlod sebuah antispyware. Tentu saja saya tidak percaya dengan hal ini karena “nggak Microsoft banget” getooo.

Ternyata walaupun saya klik No, tetap aja saya diarahkan ke sebuah website yang langsung menawarkan file “antivirus” berekstensi exe untuk didonlod. Ya, saya cancel laaahh.

Tapi walaupun tidak saya donlod, komputer saya ternyata sudah agak terinfeksi. Window peringatan seperti gambar diatas selalu muncul ketika saya mengklikganda suatu folder. Pembuat virus ini sangat kreatif dan “begitu serius” dalam pekerjaannya hingga ia mengeluarkan modal untuk membeli domain dan hosting. Beginilah tampilan websitenya…

Tuh kan modal banget!

Menurut Mbah Google, salah satu yang bisa mengatasi hal ini adalah SmitfraudFix.exe yang dapat didonlod dari http://siri.urz.free.fr/Fix/SmitfraudFix.exe.

Langkah-langkah yang harus dilakukan ketika terinfeksi IE Antivirus (IEAV) adalah:

  1. Donlod dan simpan SmitFraudFix ke sebuah folder di komputer anda. Saya sendiri menyimpannya di folder Shared Documents yang ada di My Computer agar dapat diakses oleh login account manapun.
  2. Restart komputer anda dalam Safe Mode. Untuk masuk ke Safe Mode, (biasanya) tekan F8 ketika komputer baru menyala. Kalo sudah masuk ke Safe Mode Windows, klik ganda SmitFraudFix.exe.
    Inilah SmitFraudFix
  3. Setelah layar intro muncul, tekan tombol apa saja pada keyboard untuk masuk ke pilihan menu.
  4. Pada pilihan menu, pilih no 2 yaitu ‘Clean (safe mode recommended)’ dan tekan ENTER untuk menghapus file yang terinfeksi.
    Pilih nomor 2
  5. SmitFraudFix akan mulai membersikan komputer anda. Proses ini akan berjalan dalam beberapa langkah. Ketika proses pembersihan selesai, komputer secara otomatis menjalankan program Disk Cleanup.
  6. Setelah proses Disk Cleanup selesai, anda akan ditanyai: ‘Registry cleaning – Do you want to clean the registry’. Ketik Y (Yes) kemudian tekan Enter. Restart komputer anda.
  7. SmitFraudFix kemudian memeriksa apakah file wininet.dll terinfeksi. Jika terinfeksi, SmitFraudFix akan menanyai anda: ‘Replace infected
    file?’
    Jawab dengan mengetikkan Y (Yes) kemudian tekan Enter.
  8. Restart komputer anda dalam normal mode. Lakukan Windows Update dan donlod critical updates untuk mengantisipasi kehadiran virus ini di masa mendatang. Tapi jangan lakukan update jika anda menggunakan Windows bajakan. Bila melakukan update pada Windows bajakan, bukan virus yang menyerang, tapi Microsoft! Hehehe.

Diskusi

6 thoughts on “Virus Teriak Virus

  1. wekekek…tukang bersihin virus kena virus ..😉

    Posted by shabl3nk | Juli 1, 2008, 6:07 pm
  2. Kesempurnaan hanya milik Allah SWT.

    Posted by ajoull | Juli 9, 2008, 3:57 am
  3. aku juga kena mas.. neh lagi aku coba yang mas ajarkan

    Posted by xizr82 | Juli 10, 2008, 11:54 am
  4. makasie banyak sukses neh.. tar loka ada papa ku minta bantuannya ya

    Posted by xizr82 | Juli 10, 2008, 12:03 pm
  5. Makasih Brooo….

    Sucses…..di komputer aq…………….

    By.testpcba

    http://www.test-pcba.sitebooth.com

    Free Music,Game,Vidio
    Youtube donwload…..

    Posted by pcbox | Juli 14, 2008, 8:10 pm
  6. Senang bisa membantu anda. Semoga sukses!

    Posted by ajoull | Juli 15, 2008, 1:00 pm

Tinggalkan Balasan

