//
you're reading...
Lainnya, Xhare dalam Bahasa

Asus Splendid, Apanya yang Splendid?


Menurut klaim Asus, fitur ini mampu mendeteksi penggunaan aplikasi video dan secara otomatis mengoptimalkan kualtas gambar untuk hasil video yang terbaik

Menurut kamus Inggris – Indonesia yang saya miliki, “splendid” memiliki makna “baik sekali”. Pada VGA Card Asus NVidia 7600 GT yang terpasang di komputer saya, Asus memberikan fitur Asus Splendid Video Enhancing. Menurut klaim Asus, fitur ini mampu mendeteksi penggunaan aplikasi video dan secara otomatis mengoptimalkan kualtas gambar untuk hasil video yang terbaik. Fitur ini akan memperkaya warna dan kontras pada video yang anda putar.

Saking kayanya warna dan kontras yang disuguhkan, tampilan videopun bagaikan “inang-inang” pedagang emas yang anggota badannya gemerlap dengan perhiasan gelang, anting, dan kalung. Yah, lebay-lah! Lu pada, ngerti kan maksudnya?

Beginilah kira kira perbadingan tanpa dan dengan ASUS Splendid

Beginilah kira kira perbadingan tampilan video bila tanpa dan dengan fitur ASUS Splendid

Sungguh, saya lebih suka wanita yang sederhana. Begitu juga dengan tampilan video yang saya putar. Pengennya biasa-biasa aja. Warnanya nggak usah di kontras-kontrasin lah. Kecuali bila ada pelanggaran HAM, baru bisa dibawa ke KONTRAS.

Saya telah mencoba berbagai cara untuk menormalkan tampilan video, termasuk menguninstall driver ASUS. Hasilnya teteup…

NVidia Control Panel dapat diakses dengan cara mengklikkanan desktop.

NVidia Control Panel dapat diakses dengan cara mengklikkanan desktop.

Kemudian sambil menonton sebuah film dengan program Cyberlink PowerDVD, saya coba mengatur settingan pada NVidia Control Panel dengan mengubah tingkat Brightness, Contrast, Hue, Saturation, dan Gamma. Tapi tampilan video malah menjadi makin parah.

Setelah beberapa detik, saya baru melihat ada clickable text ‘Restore Defaults’ di kanan atas NVidia Control Panel. Ketika saya klik Restore Defaults, tampilan video pada Cyberlink PowerDVD menjadi lebih baik, seperti yang saya harapkan. Senangnya hati ini, walaupun logo Asus Splendid tetap muncul di kanan atas desktop. Untuk beberapa waktu saya melupakan si Asus Splendid.

Tapi rupanya masalah Splendid ini belum berakhir. Si Splendid kembali muncul ketika saya memutar video saat editing menggunakan Ulead Video Studio Pro 11. Gimana bisa ngedit coba? Warnanya jauh banget larinya.

Logo ASUS Splendid selalu muncul ketika memutar video dengan program video player maupun video editor pada komputer yang mengaktifkan fitur tersebut.

Logo ASUS Splendid selalu muncul di kanan atas layar ketika memutar video dengan program video player maupun video editor pada komputer yang mengaktifkan fitur dari ASUS tersebut.

Saya kemudian berfikir bahwa masalahnya bukan pada NVidia, tapi pada ASUSnya! Seharusnya fitur ini bisa di nonaktifkankan. Setelah beberapa saat saya berhasil menemukan cara menonaktifkan ASUS Splendid, yaitu:

  1. Buka Windows Control Panel dan klikganda aikon Display. Atau klik kanan pada Desktop, pilih Properties. Muncul Display properties.
  2. Klik tab Settings.
  3. Klik Advanced
  4. Pilih tab ASUS, dan klik sub-tab ASUS Splendid.
  5. Uncheck ‘Enable ASUS Splendid.
Fitur ASUS Splendid dapat dinonaktifkan melalui Advanced setting pada Display Properties

Fitur ASUS Splendid dapat dinonaktifkan melalui Advanced setting pada Display Properties

Tapi saya nggak bilang fitur ASUS Splendid itu jelek lho… Hanya saja ASUS Splendid itu terlalu bagus buat saya.

Diskusi

One thought on “Asus Splendid, Apanya yang Splendid?

  1. setuju, kacau banget nih asus splendid..
    punya saya uda d disable tp masih tetep ga bagus hasilnya..

    Posted by krabb | September 7, 2012, 5:29 pm

Tinggalkan Balasan

