//
you're reading...
Adobe Photoshop, Xhare dalam Bahasa

Bikin foto jadi sephia


Di hari Minggu yang sibuk (minggu2 sibuk?) tanggal 4 Mei 2008 jam 15.40 WIB, gue mendapat telepon dari Billy. Dia bertanya,”Di Photoshop, bikin foto jadi sephia gimana sih, Jo?”. Gue balik bertanya,”Lu pake Photoshop (versi) apaan?”. Dia menjawab,”… photoshop 8!”.

Busyet dah! Gue udah agak lupa. Sekarang kan jamannya Photoshop CS3. Kalo di PS CS3 atau CS2 kita tinggal ke menu: Image > Adjustment > Photo Filter. Disana tinggal pilih mau kayak gimana hasilnya. Gak cuman sephia.

Tapi gak pa pa. Sephia itu menurut persepsi gue sih foto yang dua warna agak krem gitu. Jadi gampang lah bikin kayak gitu. Caranya:

  1. Buka foto yang ingin dirubah menjadi sephia di program Photoshop versi 3, 4, 5, 6, 7, 8, CS2, atau CS3
    .
  2. Lalu buka menu Image > Adjustment > Desaturate. Foto pun menjadi hitam putih.
  3. Kemudian buka menu Image > Adjustment > Variation. Muncul window Variation.
  4. Di window Variation pilih Midtones. Di bawahnya ada kotak-kotak: More Green, More Yellow, More Cyan, dst. Kalau mau bikin foto hitam putih jadi agak krem tinggal klik kotak More Yellow dua kali dan More Red sekali. Klik OK.
    Variations
  5. Jadi dah!

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: